Friday, October 18, 2013

penyakit koi dan pengobatannya

Koi terkena Kutu Jangkar/Kutu Jarum, Gejala dan Pengobatannya


Kutu jangkar (Anchor Worm), atau sering juga disebut kutu jarum, sebenarnya termasuk dalam golongan udang-udangan. Mereka biasanya mengubur diri di bawah sisik koi dan kemudian menjadi bersifat parasit. Cacing jangkar bisa membuat kekuatan koi jauh menurun dan di sisi lain juga meningkatkan resiko terjadinya infeksi sekunder.
Cacing jangkar bisa mudah dilihat dengan mata telanjang, meski kadang orang mengabaikan keberadaan cacing ini. Kaca pembesar bisa digunakan untuk memastikan keberadaan cacing jangkar.
Gejala Koi terkena Kutu Jangkar/Kutu Jarum
Koi yang terkena Kutu Jangkar tampak sering meloncat ke permukaan air atau menggesekkan tubuhnya ke dinding serta dasar kolam.
Cacing jangkar menempel pada ikan dengan menggunakan alat khusus menyerupai jangkar. Alat ini ditancapkan pada tubuh ikan, bisa di mata, insang, ataupun sirip, bahkan hingga dapat menembus jaringan otot di bawahnya.. Luka tempat cacing melekat ini nantinya yang bisa memicu infeksi bakteri. Serangan pada insang akan mengakibatkan ikan sulit bernafas dan bisa berujung pada kematian.
Pengobatan Koi yang terkena Kutu Jangkar/Kutu Jarum
Sampai saat ini belum ada cara yang efektif untuk membasmi Kutu Jangkar. Pengobatan biasanya dilakukan dengan mencabuti kutu jarum satu per satu dengan pinset. Kemudian bekas luka cabut diolesi dengan yodium/obat merah/betadine agar tidak terjadi infeksi.
Koi terkena Kutu Jangkar
Gambar Koi yang terkena Kutu Jangkar, lalu kutu tersebut dicabut dengan Pinset
Jika serangan Kutu Jangkar sudah merata, sebaiknya koi diberi obat berupa larutan Formalin atau Dephterex, dengan konsentrasi larutan 25 ppm (part per million). Koi-koi yang terserang direndam selama 10 menit dalam larutan tersebut. Pengobatan dilulangi selang 2 hari, sampai Koi sembuh.


link terkait :
http://aqilakoi.blogspot.com/2013/10/sizaloe-aqila-koi.html
http://aqilakoi.blogspot.com/2013/09/suplemen-pakan.html
http://aqilakoi.blogspot.com/2013/09/aplikasi-suplemen-pakan.html
http://aqilakoi.blogspot.com/2013/09/my-pond-koi_21.html

No comments:

Post a Comment